Asas - asas Manajemen Perkantoran
Asas manajemen perkantoran ada tiga, yaitu asas sentralisasi, asas desentralisasi, dan asas dekosentralisasi untuk mempelajari asas manajemen perkantoran kita harus mengetahui apa itu manajemen perkantoran. Pengertian dari manajemen perkantoran itu sendiri adalah suatu kegiatan pengelolaan data dan informasi yang dilakukan secara
teratus, sistematik dan terus menerus, mengikuti kegiatan organisasi
dengan tujuan mencapai keberhasilan tugas organisasi yang bersangkutan. Berikut adalah penjabaran mengenai macam - macam asas manajemen perkantoran :
1. Asas Sentralisasi, adalah pemusatan dari kegiatan - kegiatan kantor pada suatu bagian atau unit tertentu
dan manajemennya diserahkan kepada satu orang yang khusus bertanggung jawab dalam bidang aktifitas kantor.
2. Asas Desentralisasi, adalah asas pemencaran atau penyebaran dimana masing - masing bagian pokok
bekerja sebagai suatu kesatuan yang seakan akan berdiri sendiri.
3. Asas Dekosentralisasi, adalah pencampuran asas antara desentralisai dan sentralisasi, dimana tujuan menggabungkan asas - asas tersebut adalah agar mengambil keuntungan dari masing - masing asas tersebut, dan menghindari kelemahan masing - masing, sehingga dengan demikian akan memperoleh kemudahan dan kelancaran dalam pelaksanaan pekerjaan kantor.
Demikian penjelasan mengenai asas manajemen perkantoran, semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar